5 Software Desain Grafis Yang Paling Sering Digunakan

by admin

Desain grafis adalah salah satu bentuk komunikasi fisual yang menggunakan media gambar atau foto sebagai media untuk menyebarkan informasinya. Pada saat ini, desain grafis sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi setiap perusahaan.

Untuk para pemula ada baiknya kalian mengerti lebih dahulu tentang apa itu desain grafis. Desain grafis sendiri merupakan ilmu bidang seni dan desain yang menggunakan bantuan komputer untuk mengolah dan membuat desain itu sendiri. Tentu dengan piranti komputer untuk membuatnya, kita membutuhkan yang Namanya software untuk memprosesnya. Ada banyak varian software desain grafis yang dapat membantu kalian untuk mengolah foto dan gambar. Kalian mungkin sedang mempertimbangkan mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kalian. Nah berikut ini ada beberapa software desain grafis yang mungkin cocok dengan kalian dan juga paling sering digunakan oleh desainer-desainer professional.

5 Software Desain Grafis yang mungkin menjadi pilihan kalian

1. Adobe Photoshop

Siapa dari kalian yang belum pernah mendengar software yang satu ini. Adobe photoshop atau mungkin lebih dikenal dengan photoshop ini merupakan salah satu yang paling populer. Bukan tanpa alasan Photoshop disebut sebagai yang paling populer. Software besutan dari Adobe ini merupakan aplikasi yang mudah digunakan oleh semua orang, termasuk kalian yang masih pemula.

Sebenarnya photoshop sendiri adalah software untuk mengolah atau editing foto dan gambar. Tapi belakangan ini photoshop juga sangat bisa diandalkan untuk membuat kebutuhan grafis seperti desain banner, desain logo, tipografi dan kebutuhan grafis yang lain.

Untuk memulai belajar menggunakan photoshop, tentu saja kalian bisa searching di google atau di youtube. Karena banyak sekali panduan yang telah dibuat oleh para desainer-desainer diluar sana.

2. Corel Draw

Software berikutnya adalah corel draw. Bagi para web desainer ataupun desainer grafis, corel draw merupakan salah satu desain vector yang tak terbatas sesuai dari kreatifitas desainernya, dan paling banyak digunakan saat ini. Bukan tanpa alasan, corel memiliki fungsi yang cukup keren dan memudahkan yang mungkin susah dimiliki software lain.

3. Adobe InDesign

Software ketiga adalah Adobe InDesign. Seperti saudaranya “photoshop”, InDesign juga merupakan software besutan Adobe. InDesign merupakan software unggulan untuk mendesain layout baik untuk desktop ataupun mobile. InDesign sangat ideal untuk mendesain layout media cetak, tabloid, koran atau media Online. InDesign begitu fleksibel, memungkinkan kalian dengan mudah menggeser layer dengan drag and drop dan mengubah ukuran gambar.

Kelebihan :

  • Mudahnya menggabungkan Gambar dan Teks
  • Mudah digunakan para pemula
  • Fiturnya keren, modern dan beragam

Kekurangan :

  • Terbatas untuk kebutuhan desain
  • Tools untuk desain kurang
  • Edit gambar beserta penyesuaiannya terbatas

4. Adobe Illustrator

Melihat dari list yang sudah saya jelaskan tadi. Mungkin bisa kita lihat, jika Adobe adalah yang paling banyak memiliki software bidang desain grafis. Selain Photoshop dan InDesign, ada juga Adobe Illustrator. Illustrator memiliki fitur yang mirip dengan Corel Draw. Illustrator juga merupakan pengolah foto atau gambar berbasis vector. Dengan Illustrator, pekerjaan kalian menjadi lebih cepat selesai. Selain fitur-fitur yang mirip dengan Corel Draw, InDesign juga dibekali plugin yang sangat membantu sekali untuk kalian dalam pembuatan desain agar lebih menarik.

5. GIMP

Mungkin sebagian orang belum mengenal GIMP. Tapi bagi sebagian orang GIMP merupakan alternatif dari Photoshop. Mengapa disebut demikian?, selain karena gratis. GIMP juga merupakan software open source, yaitu suatu software yang dapat dikembangkan oleh siapapun. Selain itu fitur-fitur dari GIMP hampir mirip dengan fitur pada photoshop.

Itulah 5 Software Desain Grafis Yang Paling Sering Digunakan oleh para desainer. SEMOGA BERMANFAAT.

Related Posts

Leave a Comment